Menuju Efisiensi Layani Pelanggan

Kondisi layanan operator telekomunikasi seringkali naik-turun. Sering terjadi ketika operator merilis layanan data dengan tarif terjangkau, tiba-tiba permintaan meningkat tajam. Tapi ada jadinya setelah itu? Pelanggan satu per satu mundur, gara-garanya akses ke internet menjadi susah terkoneksi, makin lelet, dan bahkan putus sama sekali.
Ilustrasi itu menggambarkan bahwa ARPU (average revenue per user) jadi terus turun karena pelanggan layanan data tidak bisa terpelihara dengan baik. Padahal faktanya, kini layanan data operator selular makin berkibar “Secara praktis, nirkabel bisa menjangkau lebih banyak orang.
Tetapi keberhasilan biasanya dilandasi karena budaya (culture) dan keadaan infrastruktur telekomunikasi di wilayah tersebut,” kata Brendan Leitch, Director, Service Provider Marketing, Juniper Networks Asia Pasific kepada Selular Mei lalu di Jakarta. Menurutnya, Jepang dan Hongkong adalah contoh tepat kultur banyak orang mendiami satu area tertentu membuat layanan data selular menjadi marak.
Penurunan pendapatan bagi operator selular, kata Brendan, pernah terjadi pula di operator kabel. “Satu-satunya jalan operator harus melakukan efisiensi di sisi backhaul –perangkat yang menghubungkan node 3G dengan BSC (base station controller) menggunakan solusi IP (internet protocol),” kata Brendan. Dengan solusi backhaul berbasis IP ini, operator tidak perlu lagi merogoh kocek lebih dalam dengan membuat backhaul berbeda untuk layanan 2G, 3G, atau bahkan 4G sehingga mesti meningkatkan kapasitas jaringannya.
Dengan backhaul berbasis IP, hanya perlu satu koneksi untuk satu backhaul yang menghubungkan BTS, 3G node, atau 4G node ke BSC. Merujuk riset dari Infonetics mengenai perkiraan pangsa pasar perangkat Mobile Backhaul Equipment dunia pada 2007, operator selular mengivestasikan US$ 4,5 miliar pada 2007 hanya untuk backhaul. Nilai ini akan meningkat menjadi US$ 8,2 milyar pada 2010.
Karena itu penting bagi operator selular untuk meramu jurus investasi yang lebih efisien tapi menghasilkan pendapatan dari sektor data yang lebih baik. Menurut Brendan, cost-effectiveness operator di sisi operator tentu akan membawa harga data juga bakal lebih murah. “Konsumen pun punya peluang dapat tarif lebih terjangkau,” ungkapnya.
Untuk pemakaian backhaul berbasis IP itu, Brendan menunjuk keberhasilan T-Mobile Jerman yang akses jaringannya meningkat 400% sejak digunakannya backhaul tersebut. (lihat tabel). Peningkatan akses data HSPA menunjukkan karakteristik meningkat lebih besar dibandingkan peningkatan akses lewat jaringan 2G.
Bagi operator, penggunaan perangkat yang memungkinkan efisiensi bisa dilakukan tentu akan berdampak pada penurunan nilai investasi keseluruhan. Kalau ini terjadi tentu berita baik bagi konsumen. Tak perlu risau soal koneksi data ke internet akan macet –karena sudah menggunakan IP backhaul-, sementara tarifnya pun mungkin bisa makin terjangkau.



sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Manajemen Terbaru:

Related Posts with Thumbnails

Free From Artikel Manajemen:

Bidang Marketing:
*Ebook Marketing, "Relationship Marketing Strategy."
Download di sini.


*Jurnal Perilaku Konsumen, Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya.

Download di sini


*Jurnal Perilaku Konsumen, “The Theory of Planned Behavior and Internet Purchasing.”

Download di sini


*Jurnal Perilaku Konsumen, “The Effect of Corporate Image in the Formation of Customer Loyalty.”

(NEW) Tersedia di sini




Bidang Keuangan:

*Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan - Vol. 11 No.3, Januari 2009 - Bank Indonesia
Download di sini.


*Materi Presentasi Pre-Marketing ORI006
Download di sini


*Materi Seminar Prospek Investasi Di Pasar Modal Tahun 2009
Download di sini


*Booklet Perbankan Indonesia Edisi Tahun 2009
Download di sini


*Jurnal Keuangan, "Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Return Saham"

Download di sini

*Buku Panduan Indeks Harga Saham BEI

Download di sini




Bidang Sumber Daya Manusia:

Jurnal Sumber Daya Manusia, “Four Factors of Transformational Leadership Behaviour."

Download di sini

*Jurnal Sumber Daya Manusia, “Work Environment Effects on Labor Productivity : An Intervention Study in a Storage Building"

Download di sini

*Ebook, "What Type Are You ?"

Download di sini



Info Beasiswa:
Brosur Beasiswa Pembangunan Australia (ADS)
Beasiswa Unggulan Diknas

Link Blog Artikel Marketing: